Rabu, 06 Februari 2013

Jenis Kamera Digital


Jenis- jenis kamera digital- Anda masih bingung milih kamera digital untuk keperluan anda?  Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih kamera digital.
Alat yang harus anda beli pastinya adalah sebuah kamera digital, dipasaran ada banyak jenis kamera digital. Anda dapat memilih dengan menyesuaikan level keterampilan dan seberapa antusias anda menggunakannya.

     MEMILIH DIGITAL KAMERA
Ada 3 jenis kamera digital yang yang telah beredar dipasaran,
dan semua itu dapat digunakan untuk kegiatan fotografi. Disini akan dibahas kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing jenis kamera digital tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Jenis Kamera Digital

1.    Pocket Camera (Kamera Saku)
Kamera jenis ini merupakan kamera yang tergolong sederhana, dan sangat cocok untuk digunakan oleh orang awam yang baru mengenal tentang fotografi. Kebanyakan hampir semua merk camera mengeluarkan jenis kamera ini. Karena kelebihan kamera ini memiliki harga yang termurah dibanding dengan kamera lainnya, akan tetapi kamera jenis ini jarang memberikan fasilitas MANUAL SHOOT. Karena kamera ini dirancang untuk fotografer pemula. Sehingga tidak cocok untuk fotografi bawah air.


2.    Kamera Semi Profesional
Jenis kamera digital yang satu ini didesain bagi mereka yang sangat antusias terhadap fotografi, tetapi belum adanya biaya untuk memiliki kamera yang profesional. Kamera ini mirip dengan dengan kamera pocket, namun memiliki fungsi yang sama terhadap kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex). Hanya saja yang membedakannya dengan kamera DSLR adalah lensanya yang tidak interchangeable (diganti). Jelas kelebihan kamera ini dapat memberikan fasilitas kamera digital SLR dengan harga yang relatif murah. Bagi anda yang hoby fotografi bawah air, sangat disarankan untuk membeli kamera tipe ini sebagai investasi awal hoby. Dengan mengeluarkan budget 5-6 juta Rupiah anda sudah bisa memilikinya lengkap dengan housingnya. Jika anda menyukai fotografi macro, pilihlah kamera dengan lensa yang memiliki focal length 35mm, tetapi jika anda menyukai wide angle fotografi, anda dapat memilih kamera yang memiliki focal length 28mm.
3.    Kamera Profesional
Kamera ini dirancang bagi mereka para profesional fotografer yang betul-betul sudah mengetahui lebih dalam ilmu fotografi. Hal yang perlu diingat secanggih apapun kamera yang dimiliki jika tidak ditunjang dengan keahlian fotografer, maka hasilnya akan nihil. Kamera jenis ini sangat cocok kepada mereka yang sangat antusias terhadap fotografi, serta memiliki dana yang cukup, karena jenis kamera digital ini cukup mahal.

     Memilih HOUSING Camera
Sebuah housing atau yang disebut alat pelindung agar menjadi kedap air hanya cocok untuk satu kamera saja. Oleh sebab itu, sebelum membeli kamera digital, anda harus memastikan kalau housingnya masih tersedia dipasaran untuk dibeli. Untuk kamera DSLR anda harus membeli port tambahan untuk sesuai dengan lensa yang dipilih. Kamera jenis non-DSLR, biasanya memiliki fungsi lensa yang mencakup macro maupun wideangle. Untuk housing jenis kamera prosumer untuk saat ini banyak sekali casing/ housing buatan produsennya sendiri dengan harga yang relatif murah dibanding dengan perusahaan lain.
Khusus untuk Housing camera jenis prosumer, saat ini tersedia banyak sekali casing / housing buatan produsennya sendiri dengan harga yang relatif murah dibanding buatan. Housing 3rd party seperti merk Ikelite, Sea & Sea, Subal, dll, memiliki kualitas yang tinggi. Perhatikan pula tata cara menggunakan O-Ring, karena kebocoran hanya bisa dicegah dengan penggunaan karet O-ring yang sesuai dengan petunjuk manualnya.





1 komentar:

terima kasih mbk,, infonya menambah wawasan, kebetulan lagi cari kamera digital DSLR dan tas kamera murah.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More