Rabu, 06 Maret 2013

Kamera Digital Kualitas DSLR


Kamera digital SLR-merupakan sebuah singkatan dari digital single lens reflex, pada dasarnya kamera digital menggunakan sistem yang sama pada umumnya sebuah kamera yaitu mengambil jepretan gambar pada proses mekanik dan elektronik. Kamera DSLR ini sering digunakan oleh fotografer yang profesional karena mereka masi memungkinkan memungkinkan preview framing yang akurat dekat dengan saat exposure dan juga untuk sensornya yang lebih besar. Kamera ini merupakan perkembangan langsung dari kamera SLR  yang ditambahkan perangkat elektronik berupa pergantian sensor penangkap cahaya. Kamera digital SLR ini menggunakan alat elektronik yang bernama CCD.

    View finder yang merupakan bagan penting dari kamera digital SLR gunanya untuk melihat keadaan pada saat pemotretan. Sedangkan LCD display untuk mengatur informasi fitur kamera, lensa kamera berfungsi sebagai pemantul cahaya ke sensor CCD. Dan shutter berfungsi sebagai pengatur kecepatan pengambilan gambar. Setelah itu fokus untuk mengatur ketajaman gambar berupa alat mekanik atau motor otomatis. Sensor pada kamera digital SLR sama saja dengan kamera film yang banyak digunakan saat ini. Sensor sangat memungkinkan  untuk mengukur kedalam bidang atau istilahnya depth of  field dan sudut gambarnya serupa dengan kamera tradisional. Kamera digital SLR kebanyakan memiliki modus video 1080HD, yang mana saat ini sering digunakan dalam pembuatan film-film pendek, bahkan sering juga digunakan dalam beberapa film Hollywood. Yang menjadikan kamera ini sangat terkenal adalah bahwa kamera ini bisa memotret  pada mode 24p dan 1080HD. Hal tersebut merupakan mode yang sama digunakan pada kebanyakan film-film Hollywood.
    Desain utama yang ada pada kamera ini adalah: 4-elemen lensa, cermin refleks mirror, Focal plane shutter, sensor gambar, matte focusing screen, Condenser lens, pentaprism, dan Eyepiece.
    Teknologi lensa kamera digital SLR sangat bagus. Karena sangat mudah untuk mengganti lensanya, memasang lensa yang tepat untuk pengambilan gambar tertentu, bukan itu saja tetapi juga memasang pada lensa khusus. Para fotografer akan menggunakan lensa yang dibuat oleh produsen yang sama. Contohnya saja seperti lensa nikon yang digunakan pada kamera Nikon dan lensa Canon digunakan pada kamera Canon. Akan tetapi itu semua ada pengecualiannya.
    Setiap kamera memiliki ujung lensa tertentu atau yang disebut dengan mount. Ada produsen yang menjual adapter lensa dan lensa dengan amount yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan kamera yang berbeda. Seperti igma dan Tokina. Produsen ini dikenal dengan lensa murahnya, yang dipasang hampir pada setiap kamera digital SLR apapun.

Cara Kerja Kamera DSLR



Kamera DSLR secara keseluruhan memiliki cara kerja yang sangat singkat, berikut adalah cara kerjanya yang dipisah menjadi 3 tahap:
•    Lobang viewfinder yang terdapat pada belakang kamera merupakn tempat dari hasil akhir sebuah foto. Pantulan cahay dari objek foto masuk melalui lensa lalu menuju cermin pantul yang kemudian masuk ke pantaprisma. Pantaprisma dapat mengubah cahaya vertikal ke horisontal dengan mengarahkan cahaya menuju dua cermin terpisah, lalu masuk ke viewfinder.
•    Pada saat kita memotret, cemin pantul atau yang disebut refleks mirror berayun keatas dan membiarkan cahaya masuk mengarah ke sensor digital. Shutter tetap terbuka saat shutter speed yang ditentukan dan sensor akan terus merekam informasi cahaya. Jika sudah selesai, maka reflex mirror akan kembalai pada posisi awal sehingga cahaya dari lensa akan tetap terpantul keatas dan kembali muncul di viewfinder.
•    Dan pada proses terakhir adalah proses yang terjadi sensor digital dimana gambar diolah oleh komputer (processor) didalam kamera. Processor tersebut akan mengambil informasi yang terekam di sensor, mengubahnya menjadi format yang sesuai lalu menuliskannya kedalam memory card didalam kamera.

Pada proses yang telah dipaparkan diatas terjadi dalam sepersekian detik,  kecuali jika ada memotret bulb. Bahkan kamera DSLR dapat menyelesaikan lebih dari beberapa proses diatas secara beruntun dalam waktu satu detik.




2 komentar:

Minta izin Copy Paste Gambar. Nanti saya tulis sumbernya.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More