Sabtu, 23 Maret 2013

Tips Memilih Kamera saku



 Kamera saku- banyak orang yang bertanya tentang kamera apa yang cocok untuk dibawa jalan-jalan. Sebenarnya jawaban yang seperti ini sangatlah simple, tetapi masih banyak yang mempertanyakannya. Menurut salah satu ahli fotografi mengatakan, kamera yang cocok itu adalah kamera yang anda punya. Lain hal bagi mereka yang masih mencari. Untuk itu berikut ada panduan memilih kamera saku.

 

Tips memilih kamera saku yang anda inginkan

1.    Harga
Harga merupakn hal pertama yang harus mejadi patokan pertama. Apalagi bagi Anda yang pemula. Saat ini harga kamera semakin murah dan semakin canggih. Dengan harga dibawah satu juta pun, Anda sudah dapat memilikinya. Jika suatu kamera semakin canggih dan memiliki fitur yang banyak, maka semakin mahal pula harga kamera tersebut. Kamera dengan harga 2 juta sudah memadai untuk penggunaan standar dengan hasil yang cukup baik. Tetapi jika Andamemiliki dana yang lebih dari 2 juta, Anda dapat memilih kamera dengan fitur apa yang paling Anda butuhkan.

2.    Sensor
Kamera digital memiliki dua sensor, yaitu sensor CCD dan sensor CMOS. Karena dapat menghasilkan noise yang lebih rendah, CMOS dianggap sensor yan lebih baik.noise itu sendiri merupakan binti-bintik hitam yang muncul ketika Anda memotret dalam cahaya yang rendah. Akan tetapi hal tersebut bukan menjadikan suatu tolak ukur. Kualitas sensor dapat dinilai dari gambar yang dihasilkannya. Oleh karena itu Anda harus benar-benar jeli untuk membandingkan hasil gambar satu kamera dengan kamera yang lainnya. Supaya Anda mengetahui kualitas sensor dan lensanya. Kebanyakan orang masih memikirkan berapa megapixel yang paling penting, padahal ukuran dari megapixel itu hanya menentukan seberapa besa rnantinya gambar yang bisa dicetak bukan menentukan kualitas gambar itu sendiri. Kamera yang memiliki lebih dari 8 MP pun sudah bisa mencetak gambar ukuran 4R, hal ini sama dengan ukuran standar cetakan foto masa kamera film. Dengan demikian ukuran megapixel bukan lagi hal yang penting.
Salah satu kamera saku yang berkualitas

3.    Sensitivitas ISO
ISO menentukan kepekaan sensor terhadap cahaya. Jika nilai ISO tinggi berarti kamera dapat digunakan untuk memotret dalam kondisi cahaya yang suram atau meminimaliskan hasil blur. Akan tetapi ISO yang tinggi bisa menghasilkan noise yang lebih tinggi. ISO yang memiliki nilai 1600 sudah cukup baik, namun jika Anda sering memotret pada malam hari Anda dapat mencari kamera yang memiliki ISO 3200.

4.    Lensa
Lensa adalah fokus utama yang terpenting dalam suatu kamera. Untuk itu perlu diperhatikan jangkauan kamera mulai dari yang terlebar sampai yang terpanjang. Perbandingan itu sering disebut denganzoom. Contohnya, lensa 24-240 mm akan memiliki 10x zoom. Kamera yang memiliki lensa 24 mm sudah termasuk kamera saku. Lensa yang lebarberguna untuk memotret landscape dn juga bangunan. Sedangkan lensa panjang atau yang kerap disebut telefoto berguna untuk menangkap gambar pada jarak jauh. Seperti halnya mengambil gambar hewan di kebun binatang. Itu semua tergantung dengan kebutuhan setiap orang. Supaya Anda mengetahui kalau zoom 4x pun sudah cukup memadai untuk dibawa jalan-jalan secara umum.
5.    Diafragma
Komponen yang satu ini tak kalah pentingnya dengan lensa, yaitu diafragma.bukaaan pada diafragma inilah yang menentukan seberapa banyaknya cahaya yang masuk. Efek bokeh dapat teripta apabila semakin lebarnya bukaan, karena cahaya yang masuk semakin banyak. Efek bokeh itu merupakan fokus ang tajam pada obyek utama dan blur pada latar belakang. Diafragma tersebut ditentukan oleh nilai f/3.2. maka semakin kecil nilainya, mka semakin lebar pula bukaannya. Rata-rata nilai yang terdapat pada kamera saku adalau f/3.2 yang cukup digunakan untuk jalan-jalan normal.

6.    Ukuran dan berat
Ukuran pada kamera saku tidak terlalu penting dengan hal-hal yang telah disebutkan diatas, namun hal ini cukup penting pada pembhasan kali ini. Ada beberapa macam kamera yang termasuk kamera saku, namun ukuran dan beratnya tidak memungkinkan untuk dapat dimasukkan kedalam saku kita. Hal tersebut dapat  mengurangi kenyamanan Anda untuk bepergian. Karena keuntungan dari kamecrasaku ini dengan kepraktisannya dapat dibawa kemana-mana, sehingga Anda siap kapanpun kamera itu dibutuhkan karena selalu berada didalam saku Anda.

Masih banya hal penting lainnya yang dapat dibahas dalam memilih kamera saku. Akan tetapi bagi pemula ada baiknya beberapa tips memilih kamera saku diatas terlebih dahulu yang menjadi fokus utama.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More