Sabtu, 09 Februari 2013

Tehnik Memotret dan Penggunaan Kamera Yang Baik

   
Tehnik  memotret- Dengan berbagai cara akan dilakukan oleh seseorang untuk mengabadikan moment penting dalam hidupnya, seperti halnya memotret setiap kejadian penting yang dilewatinya. Memotret dengan kamera digital merupakan suatu hal yang lazim ditemukan saat ini. Akan tetapi kebanyakan mereka belum mengetahui tehnik memotret yang baik untuk melakukannya.  Karena terbatasnya pengetahuan, maka muncullah jenis-jenis kamera dengan kemudahan pengoperasiannya, fitur yang disajikan, penyimpanan sampai pengolahan hasilnya.

Untuk hasil pemotretan pada kamera digital, disimpan pada suatu alat yang dinamakan kartu memori (memory card).
Hasil pemotretan yang dilakukan biasanya ditampilakan dilayar belakang kamera. Karena itu kita dapat melakukan pemotretan berulang kali sampai mendapatkan hasil yang memuaskan. Sehingga kita dapat mengkoreksi hasil potretan kita sesegera mungkin. Apalagi bagi yang sudah terbiasa melakukan pemotretan dengan kamera digital, akan sangat memudahkannya untuk memilih dengan baik.

Dengan hadirnya kamera digital, memudahkan bagi siapapun yang ingin menjadi photographer handal. Untuk belajar cara memotret yang baik akan dirasakan sangat mudah dengan menggunakan kamera digital. Tidak perlu repot-repot untuk berfikir keras untuk menggunakannya, cukup tekan dan gambar tersebut akan terekam. Sehingga berfoto menjadi hobi bagi sebagian besar masyarakat. Mengabadikan moment-moment tertentu. Alasan itulah yang membuat orang beramai-ramai untuk mencari tahu bagaimana tehnik memotret yang dapat menghasilkan gambar yang bagus dan menarik.

Akan tetapi ada hal yang perlu diperhatikan sebelum memotret dengan kamera digital seperti mengatur kamera anda ke mode gambar terbesar dan menempatkan kualitas gambar di level maksimal, dengan tipe JPEG. Sangat dianjurkan supaya tidak menggunakn zoom pada kamera. Karena penggunaannya hanya memboroskon kinerja chip anda yang berfungsi menata pixel kamera. Jadi demi penghematan gunakan saja zoom pada lensa, selain karena menghasilkan gambar yang bagus pula. Tambahkan memori yang berkualitas profesional pada kamera digital anda untuk menunjang kecepatan dalam merekam moment istimewa anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tehnik memotret agar menghasilkan jepretan yang bagus :

  •    Sebaiknya melakukan pemotretan dengan tenang.
  •  Menentukan objek pemotretan dengan cermat sehingga dapat menghasilkan yang yang bagus.
  •    Usahakan memilih sudut pandang pemotretan lain dari yang biasanya, sehingga anda memperoleh hasil yang unik.
  •    Pemotretan sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena udaranya masih segar dan Anda tidak terkena sengatan matahari.
  •  Pahami dengan baik keterbatasan peralatan kamera digital yang dimiliki.
  •   Anda dapat mengatur tempat pemotretan dengan mengusahakan agar mendapatkan cahaya yang cukup untuk ditangkap kamera untuk mendapaatkan hasil yang baik.
  •    Gunakanlah prinsip sembilan bagian daerah pandang pemotretan, dengan cara menempatkan objek pemotretan pada salah satu bagiannya. Pada kamera digital tertentu, kita dapat mengaktifkan layanan garis-garis bantu (grids) yang dapat membentuk sembilan daerah pemotretan tersebut.
  •    Anda dapat mencetak hasil foto-foto pemotretan. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemajuan kemampuan memotret. Sehingga cara memotret yang salah dapaat diperbaiki.

Semua tehnik memotret yang telah diterangkan dapat dengan mudah kita lakukan jika benar-benar ingin mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena setiap apapun yang kita kerjakan sepenuh hati maka bisa mendapatkan hasil yang baik.
.

1 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More